Flexslider

Panduan Road Mat #1 المدينة المنورة


Alhamdulillah, dengan pertolongan Allah 'azza wa jalla, Road mat #1 dari @kids.tauhidorid telah selesai. road mat ini disusun dengan dasar peta asli Kota dari المدينة المنورة Google Map. Setidaknya beberapa landmark penting di kota mulia tersebut berupaya ditempatkan sedemikian rupa sesuai dengan konfigurasi aslinya pada konfgurasi jalan yang mengalami simplifikasi untuk kebutuhan anak-anak. 

Penting untuk diketahui bahwa dalam penggunaan road mat ini wajib didampingi oleh orang tua terutama untuk anak di bawah umur dan TK. Sedangkan untuk anak SD ke atas, orang tua wajib memberikan penjelasan dan tata cara bermain di tahap awal. Apabila anak dirasa sudah memahaminya maka anak bisa di bermain tanpa didampingi karena justru beberapa poin tujuan dan manfaatnya akan secara tidak langsung tertanama namun orang tua harus selalu melakukan pengawasan dan evaluasi secara berkala.

Tujuan dan manfaat yang diharapkan dari road mat ini setidaknya dijabarkan dalam beberapa poin di bawah ini yang juga merupakan penjelasan dari panduan ini.


**********

1) Keutamaan Kota Madinah

Dengan road mat ini diharapkan anak-anak dapat lebih mengenal Kota Madinah beserta berbagai keutamaannya sebagaimana disebutkan di dalam hadits-hadits Rasulullah ﷺ.
Kota Madinah merupakan kota haram sebagaimana mana Makkah sebagaimana yang beliau ﷺ sabdakan:

إِنَّ إِبْرَاهِيمَ حَرَّمَ مَكَّةَ وَإِنِّي حَرَّمْتُ الْمَدِينَةَ
"Sesungguhnya Nabi Ibrâhîm menjadikan kota Mekah sebagai kota haram, dan sesungguhnya aku menjadikan Madinah sebagai kota yang haram juga." [HR. Muslim]

Selain itu di dalamnya terdapat Masjid Nabawi dengan berbagai keutamaannya. Kota Madinah disebut juga oleh Rasulullah ﷺ sebagai Thaibah (yang baik dan mulia), didoakan keberakahan oleh Nabi ﷺ, dan beberapa yang lain. Untuk itu sangat ditekankan bagi para orang tua untuk mempelajari berbagai referensi tentang keutamaan Kota Madinah salah satunya Fadhlul Madiinah wa Adaabu Suknaaha wa Ziyaaratihaa karya Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad Al-Badr hafidzahullah. 


**********

2) Mengenal Lebih Dekat Kota Madinah

Beberapa elemen penting ditampilkan di dalam road mat ini antara lain:
Masjid Nabawi adalah masjid yang dibangun oleh Rasulullah ﷺ dengan bangunan awalnya sangat kecil. Setelah mengalami beberapa kali perluasan, kini komplek Masjid Nabawi bahkan lebih luas dari Kota Madinah saat itu. Lokasi Masjid Nabawi terletak tepat di pusat Kota Madinah. Tata Kota Madinah terutama jalan raya secara umum ikut disesuaikan dalam konteks akses dan utilitas terkait Masjid Nabawi.
Cukup banyak keuatamaan Masjid Nabawi antara lain:

لا تشد الرحال إلا إلى ثلاثة مساجد: مسجد الحرامِ، ومسجد الأقصى
"Tidak boleh melakukan safar kecuali safar menuju tiga masjid yaitu Masjidil Haram, Masjidku ini, dan Masjid Al-Aqsa" [HR. Bukhari & Muslim]

Selain itu terdapat keutamaan shalat di Masjid Nabawi sebagaimana sabda Nabi ﷺ:

صلاة في مسجدي خير من ألف صلاة مما سواه إلا المسجد الحرام
"Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih baik dari 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Haram" [HR Bukhari & Muslim]
Under construction
Under construction
Under construction
Under construction
Under construction
Under construction


**********

3) Pelajaran Sirah Nabi ﷺ yang terkandung dalam landmark Kota Madinah

Secara otomatis dengan mempelajari dua poin di atas, cukup banyak pelajaran akan kisah perjalanan hidup Rasulullah yang bisa dipelajari ﷺ. Misalnya terkait sejarah hjrahnya Rasulullah ﷺ dari Makkah ke Madinah hingga kemudian dibangunnya Masjid Quba. Atau Gunung Uhud terkait salah satu peperangan yang dihadapi oleh kaum muslimin saat itu dengan berbagai pelajaran penting di dalamnya. Yang harus menjadi penekanan adalah bahwa road mat ini bisa menjadi pemicu ketertarikan anak-anak untuk mempelajari sirah Nabi ﷺ dan orang tua harus pro aktif untuk mempelajarinya atau menyediakan sarana penunjang lainnya.


**********

4) Menumbuhkan Motivasi Untuk Lebih Semangat Mempelajari Ilmu Agama

Sebagaimana poin ketiga di atas, road mat ini dapat menjadi pemicu untuk membuat anak-anak lebih semangat mempelajari ilmu agama. Sebagaimana kita ketahui saat ini di Masjid Nabawi juga merupakan salah satu pusat keilmuan dimana setiap harinya berlangsung berbagai kajian islam ilmiah yang disampaikan langsung oleh para ulama, halaqah, hingga perpustakannya dengan begitu banyak koleksi. Selain itu di Madinah juga terdapat Universitas Islam Madinah yang menjadi tujuan banyak penuntut ilmu di seluruh dunia yang dibina oleh para ulama dan telah melahirkan para ahli agama termasuk sebagian asatidzah di Indonesia. 


**********

5) Membiasakan Anak-Anak dengan Kosakata Bahasa Arab

Di dalam road mat ini, keterangan landmark dibuat dalam bahasa arab dengan tujuan membuat anak-anak lebih familiar dengan kosakata bahasa arab. Sebagaimana penjelasan di bagian awal orang tua wajib memberikan penjelasan dan tata cara bermain di tahap awal. Salah bagian yang harus ditekankan adalah terkait mufradat. Orang tua bisa memberikan penjelasan di awal mengenai arti dari setiap keterangan, tetapi bisa juga membiarkan anak bermain dahulu hingga tahap tertentu kemudian ketika muncul pertanyaan dari anak terkait landmark tertentu dan keterangannya dalam bahasa arab maka kemudian dapat diberikan penjelasan lebih lanjut.

Hal ini juga diharapkan dapat memicu ketertarikan anak-anak untuk belajar ilmu tata bahasa arab atau nahwu. Berbagai improvisasi juga dapat dilakukan dengan mementum mufradat ini misalnya kemudian mengajarkan anak-anak percakapan bahasa arab sederhana dan menumbuhkan motivasi sehingga memainakn road mat ini akan terasa jauh lebih dinamis dengan selingan percakapan berbahasa arab.

Beberapa kosakata yang ada di dalam road mat ini:

اَلْمَدِينْةُ الْمُنَوَّرَة  => Kota yang bercahaya

اَلْمَسجِد النَبَوِي => Masjid Nabawi

جَبَل أُحُد => Gunung Uhud

اَلْجَامِعَةُ الْإِسْلَا مِيَّةٌ بِالْمَدِيْنَةُ الْمُنَوَّرَة  => Universitas Islam Madinah Al Munawwarah 

مَطَارٌ => Bandara

السَّرِيْعُ بِالْمَدِيْنَةُالْمُنَوَّرَةُ => Stasiun Kereta Api Madinah Al Munawwarah

 بَقِيْعِ الْغَرْغَد => Makam Baqi'

مُسْتَشْفَى الْمَدِيْنَةِ الْوَطَنِي => Rumah Sakit Pusat Madinah

مسجد قباء => Masjid Quba'

محطات الوقود => pom bensin

مَلْعَبُ لَلْأَطْفَال => playground / Tempat Bermain Anak.


**********

6) Pelajaran Disiplin

Tahap pertama dari penggunaan road mat ini para orang tua harus menjelaskan, memfasilitasi, dan membersamai anak dalam porsi tertentu terkait poin-poin yang telah disebutkan di atas. Setelah itu anak-anak bisa dipandu untuk mematuhi beberapa aturan yang disepakati antara lain:
a. Memainkannya sebagai sebagai sebuah lembar bermain yang harus dijaga dan dirawat.

b. Tidak bermudah-mudah menginjaknya kecuali memainkan mobil-mobilan serta berbagai mainan pendukung sesuai dengan pengkondisian melalui elemen-elemen di dalamnya. Salah satu bentuk kongkritnya adalah ketika memainkan mobil-mobilan diupayakan anak-anak memainkannya dari samping (duduk di luar road mat) karena meskipun hanya sebatas ilustrasi untuk tujuan pendidikan, berbagai ilustrasi landmark di dalamnya harus tetap dijaga.

c. Mengajarkan anak tertib berlalu lintas. Misalnya ketika bertemu dengan lampu lalu lintas maka sebaiknya diarahkan untuk memberhentikan sejenak mobil-mobilannya.

d. Mengajarkan anak tertib ketika memarkir kendaraan (mobil-mobilan) ketika mengunjungi landmark tertentu.

Pada prosesnya poin-poin di atas akan menjadi pembiasaan yang penting anak-anak sebagai bagian dari pendidikan karakter. Sering kita dengar di "negara-negara maju" sekedar belajar antri justru menjadi concern pada anak usia dini ketimbang berbagai pelajaran yang sifatnya "informatif" karena hal itu merupakan bagian dari pendidikan karakter yang sangat penting. 


**********

7) Menstimulasi Kreativitas & Visi Anak

Setelah tahapan penggunaan road mat sebagaimana disebutkan di atas dilakukan, tahap berikutnya diharapkan kreativitas anak-anak lebih terasah. Bagaimana pun berbagai informasi, pengetahuan, aturan, pelajaran khusus, serta faedah yang mungkin terselip dalam proses permainannya pada dasarnya adalah suatu yang hal sifatnya non fisik. Secara fisik hanya ada selembar media bermain dengan beberapa elemen tambahan misalnya mobil-mobilan. Tapi pikiran anak-anak bisa diajak melanglang buana jauh hingga ke Kota Madinah. Menancapkan salah satu cita-cita untuk bisa datang ke kota tersebut, beribadah, dan menunut ilmu agama termasuk sebagian anak mungkin akan bercita-cita untuk bisa kuliah di Universitas Islam Madinah. Secara tidak langsung apabila hal ini sudah tertanam diharapkan dapat menjadi tambahan stimulan agar anak semangat menuntut ilmu. Juga memacu kreativitas anak-anak, terutama pada fase setelah usia dini, untuk dapat kreatif mencari berbagai informasi akan pelajaran-pelajaran penting yang sudah ditanamkan dengan cara "learning by doing" melalui road mat ini yang diharapkan akan memiliki kesan mendalam.


**********


8) Menambah Pengetahuan Umum

Kita tidak dapat menafikan pentingngya ilmu pengetahuan umum. Bahkan tak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar orang tua berkutat dengan profesi dunia yang ditunjang oleh pengetahuan umum berbagai bidang. Juga di sekolah, anak-anak kita tentu mempelajari berbagai pengetahuan umum termasuk matematika, sains, dll yang kesemuanya itu juga menjadi landasan dari bidang-bidang ilmu tertentu misalnya engineering. Sesekali ajaklah anak untuk membahas beberapa hal berikut:
Transportasi Darat. Apa fungsi lampu lalu lintas (merah - kuning - hijau), apa itu ring road suatu kota, parkir kendaraan, arti marka jalan misalnya zebra cross, dll.

Transportasi Udara. Bagaimana suatu pesawat bisa terbang, apa elemen penting di bandara misalnya runway, pentingnya ATC (air traffic controller) yang juga tergambarkan, kenapa umumnya bandara ada di pinggiran atau luar sebuah kota, pentingnya ilmu meteorologi dalam penerbangan tetapi tidak menafikan tauhid kepada Allah yang justru akan menjadi sarana mengajarkan anak agar tidak tathtayyur, dll.

Bidang ilmu planologi (tata kota) yang salah satu pekerjaannya mendesain bentuk & tata ruang kota. Kota Madinah pun terus berkembang termasuk pembangunan beberapa playground di bagian barat daya kota.

Bidang ilmu arsitektur yang bertugas mendesain bangunan, teknik sipil dalam perencanaan struktur serta konstruksinya, geologi (dan berbabagi sub bidang geo lain) dll yang juga penting sebagai elemen dasar.

Sebuah kota memerlukan supply listrik dan telah tergambarkan adanya pembangkit listrik di salah satu ujung kota.

Fungsi dari pelajaran umum yang mereka pelajari di sekolah saat ini. Misalnya matematika yang di dalamnya juga ada pelajaran geometri sangat penting untuk merencanakan jalan, bangunan, dll.

Tentang biologi & hydrology bagaimana kebun-kebun kurma dapat tumbuh subur di sekitar Kota Madinah.

Dan berbagai pengetahuan umum lain yang bisa dipersiapkan dan diajarkan oleh orang tuanya yang belum kami sebutkan dan sangat mungkin bisa dipelajari melalui media ini.

**********

9) Mengalihkan anak-anak dari berbagai permainan tanpa faedah yang justru dapat menumbuhkan kecintaan anak-anak kepada hal-hal yang tidak sesuai dengan syariat islam.


**********

Ingin Menjadi Reseller? Hubungi 089691395097 (WA)

Untuk mendapatkan produk ini hubungi reseller yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.