Flexslider




Video ini dari Server Tauhid.or.id (3,41MB)

Yuk mulai membiasakan anak-anak sejak dini untuk menghafal hadits-hadits Rasulullah ﷺ dimulai dari yang lafadznya pendek tetapi penuh makna mendalam yang akan membawa banyak manfaat.

Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu metode mempelajari ilmu adalah dengan menghafal (Baca artikel 6 KIAT SUKSES THALABUL 'ILMI di Buletin Tauhid.or.id).

Rasulullah ﷺ bersabda: .

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ 

"Menuntut Ilmu itu wajib bagi setiap muslim" [HR. Ibnu Majah, dishahihka Syaikh Albani] .

*****

Yuk mulai membiasakan anak-anak sejak dini untuk menghafal hadits-hadits Rasulullah ﷺ dimulai dari yang lafadznya pendek tetapi penuh makna mendalam yang akan membawa banyak manfaat. .

Hafalan Hadits Pendek #2 Jangan Marah!

Dari Abu Ad-Darda’ radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Wahai Rasulullah tunjukkanlah kepadaku suatu amalan yang dapat memasukkan dalam surga.” Rasulullah ﷺ lantas bersabda,


لاَ تَغْضَبْ وَلَكَ الْجَنَّةُ
.
Janganlah engkau marah, maka bagimu surga.” [HR. Thabrani]

Dalam hadits Arbain Nawawi nomor 16 disebutkan :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَجُلاً قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَوْصِنِي، قَالَ : لاَ تَغْضَبْ فَرَدَّدَ مِرَاراً، قَالَ: لاَ تَغْضَبْ [رواه البخاري]

Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu sesungguhnya seseorang bertanya kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam : (Ya Rasulullah ) nasihatilah saya. Beliau bersabda : Jangan kamu marah. Beliau menanyakan hal itu berkali-kali. Maka beliau bersabda : Jangan engkau marah. [HR Bukhari]
.
Ada 5 Kiat meredam marah:

  1. Membaca Ta'awudz.
  2. Diam.
  3. Merubah posisi.
  4. Mengambil air wudhu
  5. Dan selalu mengingat janji Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam melalui hadits ini, jangan marah! Maka bagimu surga.
Banyak cara untuk mengajarkan anak-anak mulai menghafal hadits hadits Rasulullah, hadits-hadits pendek untuk anak usia TK/SD bisa menggunakan buku "Anak Cerdas Hafal Hadits" dari Perisai Qur'an Kids sebagai bahan ajar di rumah dan penunjang belajar di sekolah.







Kids.Tauhid.or.id

Kids.Tauhid.or.id adalah sub media pendidikan anak dari tauhidorid dengan semangat "Taqwa, cerdas, dan ceria".

Tidak ada komentar:

Leave a Reply